Ada 2 (dua) faktor utama keberhasilan kurikulum 2013, diantaranya yaitu :
- Penentu, yaitu kesesuaian kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) dengan kurikulum dan buku teks
- Faktor pendukung yang terdiri dari tiga unsur; (i) ketersediaan buku sebagai bahan ajar dan sumber belajar yang mengintegrasikan standar pembentuk kurikulum; (ii) penguatan peran pemerintah daam pembinaan dan pengawasan; dan (iii) penguatan manajemen dan budaya sekolah.
Berkaitan dengan faktor pertama yang merupakan penentu,ternyata Kemdikbud sudah mendesain strategi penyiapan guru sebagaimana digambarkan pada skema penyiapan guru yang meibatkan tim pengembang kurikulum di tingkat pusat; instruktur diklat terdiri atas unsur dinas pendidikan, dosen, widyaswara, guru inti, pengawas, kepala sekolah; guru utama meiputi guru inti, pengawas, dan kepala sekolah; dan guru mereka terdiri atas guru kelas, guru mata pelajaran SD, SMP, SMA, SMK.
Ada Empat (4) aspek yang harus diperhatian secara khusus di dalam rencana pengimplementasi an dan keterlaksanaan kurikulum 2013, yaitu :
- Kompetensi pedagogi;
- Kompetensi akademik (keilmuan)
- Kompetensi sosial;
- Kompetensi manajerial atau kepemimpinan.
Guru adalah sebagai ujung tombak penerapan kurikulum 2013, diharapkan bisa menyiapkan serta membuka diri terhadap beberapa kemungkinan terjadinya perubahan. Semua itu harus pada diri seorang guru (PTK).Namun tetap saja Kesiapan PTK (guru) jadi lebih penting daripada pengembangan kurikulum 2013. Alasannya yaitusebab dalam kurikulum 2013, memiliki tujuan mendorong peserta didik, mampu lebih baik dalam melakukan untuk observasi, bertanya, bernalar, dan mengkomunikasikan (mempresentasikan), terhadap apa yang mereka dapatkan atau mereka ketahui setelah menerima materi pembelajaran.
Melalui empat (4) tujuan tersebut sangat diharapkan siswa bisa memiliki kompetensi sikap, ketrampilan, serta pengetahuan yang jauh lebih baik. Siswa akan lebih kreatif, inovatif, dan lebih produktif. Maka dengan demikian guru sangat berperan besar dalam mengimplementasikan setiap proses pembelajaran kurikulum 2013. Selain itu juga guru dituntut tidak hanya cerdas tapi juga adaptip terhadap perubahan.
Semoga Bermanfaat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silahkan Isi Komentar, Kritik, & Saran Anda.